Fokus pada “menu” hari ini

Posted: December 10, 2014 in Suka-suka

Seringkali (terutama di awal hari atau minggu) saya merasa banyak hal yang harus dikerjakan untuk hari ini, besok, lusa, sepanjang minggu ini, dan seterusnya. Seakan tidak ada ruang untuk bernafas, melakukan aktivitas lain (terutama hobi). Perasaan ini akan menghantui sepanjang hari sehingga alih-alih mengerjakan pekerjaan hari ini dengan benar dan cepat, saya justru sering hanya termenung atau menjelajah internet dengan tanpa tujuan. Dan hasilnya bisa ditebak, di akhir hari tidak ada (atau sedikit) pekerjaan yang saya selesaikan.

Apa yang harus saya lakukan??

Ternyata mudah, salah satu tips untuk mengatasi hal ini adalah dengan fokus pada “menu” hari ini saja. Jangan hiraukan pekerjaan di keesokan hari. Esok hari akan datang dengan sendirinya. Dan insyaAllah kita akan dapat melaluinya, sebagaimana hari-hari sebelumnya. Perasaan ini dapat membuat hari kita menjadi lebih menyenangkan. Dapat membuat kita lebih menikmati pekerjaan hari ini. Dan biasanya berujung dengan hasil kerja yang lebih memuaskan di akhir hari.

Tapi bukankah kita harus merencanakan pekerjaan kita ke depan? Benar, tetap lakukan hal tersebut. Rencanakan pekerjaan anda sebagaimana apa yang sering anda lakukan. Tapi ketika daftar pekerjaan itu sudah ada, tariklah nafas sejenak dan lupakan pekerjaan anda untuk esok dan seterusnya. Fokus saja dengan apa yang sudah anda rencanakan untuk hari ini.

Demikian, sedikit catatan dari saya yang masih belajar menjalani hidup. Semoga hari ini menyenangkan dan penuh berkah untuk kita semua, aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s