1. Berkomitmen sepenuhnya
Tidak ada keberhasilan tanpa komitmen, dan berhenti merokok adalah salah satu hal yang harus dilakukan dengan komitmen penuh, tidak dengan setengah hati. Untuk menjadi seorang ex-smoker, saya sudah melalui beberapa fase kegagalan, dan salah satu penyebabnya adalah kurangnya komitmen untuk berhenti. Tunjukkanlah komitmen anda untuk berhenti merokok dengan memposting di sosial media, memberitahukan teman-teman dan keluarga terdekat. Bahkan jangan segan memberitahukan hal tersebut kepada rekan se-perokok-an anda😀

Jadikan hal-hal tersebut agar semangat dan komitmen anda menjadi 1000%. Tidak ada jalan untuk kembali menjadi perokok. Saatnya berjuang untuk kesehatan diri yang lebih baik.

2. Buatlah rencana
Berhenti merokok tidak dapat dilakukan secara instan, dengan tanpa persiapan. Setidaknya, hindari pertemuan kelompok teman sesama perokok selama anda dalam tahap ini, belilah cemilan pengganti, seringlah berkomunikasi dengan teman yang sudah berhasil menjadi mantan perokok, pasang dan cetaklah kalimat motivasi berhenti merokok di setiap tempat (wallpaper hp, laptop, kamar, kamar mandi, dll). Sediakan cukup “peralatan dan strategi perang”, karena memang hal ini tidak mudah, tapi bukan mustahil.

3. Ketahui motivasi anda
Ketahui motivasi-motivasi terbesar anda untuk berhenti merokok. Untuk kesehatan? Untuk menjadi seorang kepala keluarga yang lebih sehat dari sebelumnya? Menjadi hadiah ultah untuk istri tercinta? Menabung? Agar anda dapat main futsal lebih lama? Karena anak perempuan anda tidak suka ayahnya merokok?

Saat racun rokok mulai mempengaruhi pikiran agar kembali menyentuh batang rokok, ingatlah semua alasan di atas, jika perlu, cetak dan perbanyaklah.

4. Berteman dengan mantan perokok
Perbanyaklah berbicara dengan teman anda, yang mantan perokok. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memperbarui semangat, karena di depan anda ada bukti hidup, bahwa berhenti merokok adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Dan anda pun dapat meminta tips-tips kecil dan meminta dia untuk berbagi pengalaman, atau bahkan bantuan darurat saat anda kembali ingin merokok.

5. Tak Satu Batang Pun!
Satu batang akan menentukan semuanya. Jangan percaya semua rayuan gombal yang berputar di otak kita saat racun rokok mengatakan bahwa satu batang tidak akan merusak semuanya. Kenyataannya adalah satu batang akan menuntun kita pada batang dan bungkus berikutnya!

6. Beri hadiah untuk diri sendiri
Berhenti merokok adalah salah satu pencapaian besar dalam hidup saya. Sebagaimana pencapaian-pencapaian lain, berilah trigger(pemicu) dan pelecut tambahan berupa hadiah untuk diri sendiri saat anda berhasil mencapainya. Saat itu, saya memberi hadiah kepada diri saya sendiri berupa makanan (yang menurut saya) lezat dan lumayan mahal, plus sebuah sepatu lari🙂

7. TUNDA
Akan ada saat dimana anda berada di garis tipis antara menjadi mantan perokok, dan tetap menjadi perokok. Saat dimana keinginan untuk merokok (kembali) terasa sangat membuncah di kepala. Saat anda mungkin sudah mulai akan beranjak pergi ke warung untuk membeli sebatang racun. TUNDALAH! Tunda hal tersebut sebisa mungkin dengan berdiam diri selama kurang lebih 1 menit saja, tarik nafas dalam-dalam, ingat kembali semua mantra dan motivasi anda untuk berhenti merokok. Ingatlah wajah-wajah teman dan keluarga, istri dan anak tercinta, yang akan sangat berbagia saat anda berhasil melepaskan jeratan rokok. Anda dapat melewatinya!🙂

Kapanpun hal ini terjadi lagi, TUNDA!..Tunda dan teruslah menundanya, sehingga suatu saat anda akan memiliki kendali penuh untuk berkata tidak, bahkan suatu saat anda akan lupa mengapa anda dulu sempat menjadi perokok. Keren kan?😀

8. Ganti dengan benda/hal positif lain
Ya, saya juga dulu (kadang) menjadikan rokok sebagai pelarian saat mengalami stres. Dan anda harus menyiapkan rencana penggantinya. Minumlah teh, makanlah permen atau buah, atau tariklah nafas dengan dalam saat mengalami stres. Temukanlah hal positif yang dapat menggantikan kebiasaan buruk itu. Gantilah kebiasaan merokok di pagi hari dengan jalan santai, atau dengan membaca buku. Atau mendengarkan ceramah bagi anda yang beragama Islam.

9. Jika gagal, segera bangun, pelajari kesalahan anda sebelumnya
Tidak ada yang salah dengan kegagalan, selama kita mampu mengevaluasi, mengambil pelajaran, dan segera bangkit kembali. Saya pun tidak mencoba sekali dan langsung berhasil. Dari kegagalan tersebut, kita akan dapat mengidentifikasi penyebabnya. Rencanakan strategi berikutnya agar anda dapat melalui penyebab kegagalan tersebut dan tidak jatuh di lubang yang sama. Setelah itu, segera mulai berjuang kembali! Dengan semangat yang makin meningkat, dengan kepala yang tegak🙂

10. Berpikir positif
Saya dan ribuan orang lainnya sudah berhasil melakukannya. Kami tidak berbeda dengan anda. Jadi, anda pun dapat melakukan hal yang serupa! Berpikirlah positif, bahwa anda akan mampu melewati masa-masa ini.

Demikian sedikit pengalaman dan tips yang bisa saya bagi. Tidak ada yang tahu jatah usia kita, tetapi kita diberikan kecerdasan dan pengetahuan. Saya pun mengerti, bahwa ada beberapa orang perokok yang dianugerahi usia yang panjang. Tapi bukan itu poinnya. Poinnya adalah kita ingin kehidupan yang lebih sehat, lebih baik dari sebelumnya. Dan di dalam hati kecil kita yang paling dalam, kita tahu bahwa rokok itu tidak baik untuk kesehatan. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s