Mengapa Saya Tidak Bekerja (Ibu Ainun Habibie)

Posted: December 19, 2012 in Suka-suka
Tags: , , , ,

Kutipan pernyataan almarhumah Ibu Ainun Habibie yang terdapat dalam buku karangan A Makmur Makka, Setengah Abad Prof Dr Ing BJ Habibie; Kesan dan Kenangan (1986) sebagai berikut:

Mengapa saya tidak bekerja? Bukankah saya dokter? Memang. Dan sangat mungkin saya bekerja waktu itu. Namun saya pikir: buat apa uang tambahan dan kepuasan batin yang barangkali cukup banyak itu jika akhirnya diberikan pada seorang perawat pengasuh anak bergaji tinggi dengan risiko kami sendiri kehilangan kedekatan pada anak sendiri? Apa artinya ketambahan uang dan kepuasan profesional jika akhirnya anak saya tidak dapat saya timang sendiri, saya bentuk sendiri pribadinya? Anak saya akan tidak mempunyai ibu. Seimbangkah anak kehilangan ibu bapak, seimbangkah orangtua kehilangan anak, dengan uang dan kepuasan pribadi tambahan karena bekerja? Itulah sebabnya saya memutuskan menerima hidup pas-pasan. Tiga setengah tahun kami bertiga hidup begitu.

 

Leave a Reply

