Puasa sunnah di pertengahan bulan (ayyamul biidh)

Posted: July 3, 2012 in Islam
Tags: , ,

Beberapa riwayat yang shahih tentang amalan sunnah puasa tiga  hari di setiap bulan adalah sebagai berikut :

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata , “Kekasihku (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam) mewasiatkan kepadaku tiga hal; berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan dua rakaat shalat Dhuha dan melakukan shalat Witir sebelum tidur.” (HR Bukhari 1981 dan Muslim 721)

Jarir bin Abdullah radhiyallahu ’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam bersabda, ”Berpuasa tiga hari setiap bulan sama dengan berpuasa sepanjang masa dan hari-hari yang putih adalah tanggal 13, 14 dan 15.” (HR An-Nasa’i 2419)

Qatadah bin Milhan radhiyallahu ’anhu berkata, ”Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam memerintahkan kepada kami untuk berpuasa pada hari-hari yang putih; tanggal 13, 14 dan 15. Qatadah berkata, Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam bersabda, ”Itu seperti keadaan berpuasa sepanjang masa.” (HR An-Nasa’i, Ibnu Majah, Abu Dawud, Ahmad)

Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya, Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2424) 

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari no. 1979)

Demikianlah beberapa hadits shahih yang menjelaskan perintah untuk melakukan puasa sunnah tiga hari setiap bulan pada hari-hari putih yaitu tanggal 13, 14 dan 15.

Perlu dipahami, tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan adalah setiap bulan Hijriyah atau bulan Qamariyyah, yaitu bulan-bulan Islam sepanjang tahun mulai dari bulan Muharram sampai Dzulhijjah. Dan bukan bulan-bulan Masehi, seperti  Januari, Februari dan seterusnya.

Sebagai kaum muslimin, sudah sepantasnya kita memahami penanggalan, kalender atau almanak Islam. Penanggalan Islam dimulai dari bulan Muharram s/d bulan Dzulhijjah. Lengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabi’ul Awal atau Rabi’ul ‘Ula
  4. Rabi’ul Akhir atau Rabi’uts Tsani
  5. Jumadil Awal atau Jumadil ‘Ula
  6. Jumadil Akhir atau Jumadits Tsani
  7. Rajab
  8. Sya’ban
  9. Ramadhan
  10. Syawal
  11. Dzulqa’idah
  12. Dzulhijjah

Pada bulan ini, Juli 2012, 3 hari putih tersebut jatuh pada tanggal 3, 4, dan 5. Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT, aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s