Performance Test versi cupu..

Posted: October 19, 2009 in IT and Programming Stuff
Tags: , , , ,

Selamat malam😀. Buat siapapun yang sekarang sedang membaca artikel atau tulisan ini, saya ucapkan selamat, karena anda tidak akan mendapatkan yang anda cari, hahaha..becanda bro :))

Begini, sebagai seorang programmer, tentunya pekerjaan kita adalah membangun aplikasi. Nah, yang akan saya garis bawahi di sini adalah, pernahkah kita memikirkan bahwa nantinya aplikasi yang akan kita buat itu akan diakses sekian ribu atau juta orang?? Masih sanggupkah aplikasi kita tersebut menangani sekian ribu atau juta request dalam satu detiknya?? Kalau anda jawab iya, dengan apa anda membuktikan kepada client anda bahwa hal tersebut di atas benar-benar sudah anda antisipasi?? Nah, salah satu cara untuk membuktikan hal tersebut adalah dengan melakukan performance test (atau stress test atau load test, dll :D).

Di dalam performance test, kita akan dapat mengetahui kemampuan aplikasi kita dalam beberapa hal, diantaranya :

  • Berapa concurent user yang dapat mengakses aplikasi dalam waktu bersamaan
  • Berapa transaksi yang dapat ditangani oleh aplikasi dalam 1 detiknya atau dalam bahasa gaulnya Transaction Per Second (TPS)
  • Berapa waktu yang diperlukan oleh tiap-tiap transaksi yang ada pada aplikasi yang kita kembangkan.
  • Dll😀

Selain itu, performance test ini juga dapat menggantikan peran tester untuk menguji aplikasi, rasanya hampir mustahil kita bisa menyiapkan tester sejumlah sekian ribu atau juta orang untuk menguji aplikasi kita secara bersamaan, he..Dari sana kita akan tahu, di bagian mana dari program kita yang bermasalah, atau bagian mana dari program kita yang memiliki kecenderungan membutuhkan waktu lebih lama dari bagian yang lain. Dengan tujuan akhir, agar kita dapat mengevaluasi hasil dari performance test tersebut, untuk kemudian melakukan langkah-langkah perbaikan sehingga performance aplikasi yang kita buat menjadi makin maknyusss (atau boleh juga untuk sekadar unjuk gigi ke client, “nih hasil performance test aplikasi gua, punya gua high performance man :))”)

Ok, perkenalannya saya rasa sudah cukup, next time kita langsung to the point aja, yaitu dengan cara mencoba beberapa tools untuk performance test. Dua tools yang akan saya jadikan kelinci percobaan (lebay yah, biarin :D) adalah JMeter dan Rational Performance Tester. Be patient yah, insyaAllah segera terbit, hahaha..

*Sori kalo bahasanya acakadut alias berantakan, sebenarnya performance test memiliki fungsi yang jauh lebih dahsyat dari apa yang saya sampaikan di sini, berhubung daya imaginasi menulis saya masih cupu, ya segini aja jadinya, piss..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s